Akibat ganti Lampu yang tidak sesuai

Pada malam hari saat matahari sudah hilang dari langit fungsi penerangan sudah harus dgantikan oleh nyala lampu yang terdapat pada kendaraan . Tapi saat ini lampu lampu utama pada motor tidak saja harus di hidupkan pada malam hari, lewat Pasal 107 ayat (2) UU No 22 Tahun 2009 pemerintah dalam hal ini kepolisian mewajibkan pengedara roda 2 untuk menyalakan lampu disiang hari dengan maksud untuk membantu pengedara lain dalam melihat sipengedara motor dikarenakan sepeda motor adalah kendaraan bermotor yang paling kecil bentuknya di jalan raya.

Saya Menggunkan Motor bajaj Pulsar sejak tahun 2007, dan sekarang saya sudah mengganti head lamp pada motor pulsar ini. Salah satu sebab pergantian head lamp ini dikarenakan reflektor lampu yang menjadi pemantul sinar pada head lamp fisiknya sudah terbakar. Terbakarnya reflektor ini dikarenkan saya menggunakan lampu dengan Watt yang tidak sesuai oleh anjuran pabrikan.

Standar lampu yang di rekomendasikan oleh pabrikan seharusnya hanya 35 Watt tetapi saya nekat menggunakan lampu dengan ukuran 60/55 Watt. Tujuan utama pergantian lampu ini untuk mendapatkan nyala lampu yang terang, memang benar sih saat menggunakan lampu dengan ukuran yang lebih besar nyala lampunya lebih terang. tetapi efek yang di timbulkan seperti ini :

Kalau kejadianya sepeti yang diatas bukan nyala lampu yang terang tetapi malah lebih redup yang didapat  dikarenakan reflektor tidak bisa berkerja maksimal untuk memantulkan sinar yang dihasilkan oleh lampu ke jalan. Kerugian yang lain penggunaan lampu denagn watt yang besar dapat menggangu umur pakai dari accu karena daya yang disedot lebih besar.

satu lagi kerugian penggunaan lampu dengan ukuran lebih besar yang saya alami adalah terdapatnya delay saat menekan tombol lampu Dim, hipotesa saya hal ini bisa terjadi karena kelistrikan yang tidak sempurna karena besarnya daya cukup besar untuk mengalokasikan ke lampu dim merupakan bagian dari lampu utama.

Setelah pergatian head lamp saya masih mempunyai keinginan untuk menganti lampu dengan yang lebih besar lagi tapi karena kejadian awal tidak mau terulang lagi saya menggunakan lampu dengan ukuran lebih kecil dari  60/55 Watt . Ukuran yang saya gunakan adalah 45/40 Watt tetapi setelah pemakaian sekitar 100 KM, segera lampu ini saya tukar lagi dengan ukuran yang standart yaitu 35 Watt. Sebab nya saya menemukan sedikit ke anehan pada reflektor yang menampakan gejala terbakar.

Kesimpulanya uraian di atas gunakan lampu standart aja deh 🙂

2 comments

Tinggalkan Balasan

