Ngantuk kok nyetir

Mengantuk adalah hal yang lumrah kita alami sehari hari, mengantuk ini umum nya menyerang kita saat malam hari. Mengatuk adalah salah satu tanda bahwa tubuh kita lelah dan membutuhkan istirahat setelah berkerja seharian. Tidak ada yang salah dengan urusan kantuk mengatuk ini. Malah sangat bahaya jika tidak merasakan kantuk dalam 1 X 24 jam. Biasanya orang yang tidak bisa mengantuk dan tidur sering dikenal dengan Insomnia.

Tetapi jika kita mengantuk di saat yang tidak tepat seperti saat mengemudi maka keadaan ini sangat berbahaya. Mengemudi saat mengantuk akan membuat daya konsentrasi kita buyar. Pandangan kita tidak fokus, daya reflek kita berkurang drastis saat kantuk menyerang.

Mengantuk dapat disebab kan beberapa faktor salah satunya kurangnya istirahat di malam hari. Manusia menurut dokter mewajibkan tidur minimal 8 jam dalam sehari. Jika diluar angka tersebut dapat menyebakan kantuk.

Saya akan bahas disini lebih ke arah mengemudi saat mengantuk . Saya mempunyai pengalaman yang sangat berharga saat mengedarai roda 2 dalam kondisi menggantuk. Beberapa tahun yang lalu saat melakukan perjalanan ke Jogja saya pernah mengalami kejadian yang cukup parah dikarena menggantuk di jalur pantura. Motor yang saya kendarai menabrak ekor sebuah truck sehingga menyebakan motor yang saya kendarai terjatuh dan menyebakan timbulnya percikan api dari engine guard yang tergerus oleh aspal. Tapi Alhamdulilah kondisi badan saya tidak ada luka sama sekali, tetapi kondisi motor rusak pada engine guard dan spion.

Sesaat sebelum kejadian tersebut sebenarnya saya sudah merasakan ngantuk yang cukup hebat. Rasa enggan untuk berhenti istirahat dikarenakan saya sedang melakukan touring dengan rekan rekan pulsarian menyebkan kejadia itu terjadi. Andaikata pada saat itu saya meminta rombongan untuk berhenti istirahat saya rasa kejadian tersebut tidak akan terjadi.

Setelah kejadian fatal tersebut membuat saya tidak kompromi lagi dengan rasa kantuk. Setiap mengatuk saat mengedarai roda dua saya selalu menepi untuk beristirahat. Menurut saya obat ngantuk itu hanya istirahat tidur. Rokok, permen , dengerin radio dll efekya hanya sesaat. Obat yang paling manjur sanya satu yaitu tidur.

saat group riding jika kita mengantuk jangan segan segan untuk menepuk helm, jika kita menepuk helm biasanya sweeper akan langsung mendatangi kita untuk mengkonfimasi kondisi kita. Jika kita sudah memberikan konfirmasi maka sweeper akan menyampaikan ke Road Captain untuk memberhentikan perjalanan dikarenakan ada anggota group riding yang membutuhkan istirahat karena mengantuk.

Sudah tahu kan bahayanya mengantuk ?

jadi

” Ngantuk jangan Nyetir, nyetir jangan ngantuk ”

 

 

Iklan

3 comments

  1. saya juga sering ngalamin gan
    tiap hari saya jalan dari bekasi ke karawang pake motor
    karena jalanannya enak n ga terlalu rame juga jadi bikin ngantuk ( ditambah emang badan kurang fit n kurang tidur juga )
    biasanya sih ane buka kaca helm biar ga ngantuk low ga berhenti dulu wat cuci muka dimesjid
    ea intinya sih ati2 ja low bawa motor dlam keadaan krg fit n krg tidur karena bisa berakibat fatal

    salam kenal ja gan
    mampir diblog cupu ane
    http://toelank.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s