Fenomena Roda Dua

Pertumbuhan jumlah penduduk di DKI Jakarta cukup besar dari tahun ketahun. Banyak para penduduk di luar jakarta berbondong bondong untuk mengais rezeki di ibu kota ini. Kebutuhan angkutan untuk mobilitas penduduk ibu kota juga naik seiring peningkatan jumlah penduduknya. Kenaikan jumlah penduduk ini tidak di iringi dengan pertumbuhan angkutan yang layak dan jumlah jalan yang masih terbatas.

Bagi masarakat dengan ekonomi sedang kebawah lebih memilih menggunakan angkutan roda 2 dibandingkat dengan angkutan umum. Sepeda motor diangap solusi tepat untuk memecah kemacetan lalu lintas, dikarenakan bentuknya yang kecil menyebabkan motor bisa selap selip di jalan dibandingkan dengan mobil yang berdimensi lebih besar. Dengan keadaan seperti itu membuat waktu tempuh bisa dipersingkat di bandingkan dengan mengggunakan angkutan umum roda 4 bahkan mobil pribad sekali pun.

Alasan lain kenapa pertumbuhan motor sangat pesat adalah harga yang cukup terjangkau di bandingkan dengan mobil. Hanya dengan ratusan ribu si motor idaman bisa kami jemput pulang. Ringanya persyaratan kredit ini memicu perkembangan sepeda motor sangat pesat. Maka dari itu para ATPM berlomba lomba menjual produk mereka kepasaran, yang pangsa pasarnya tak pernah surut dari tahun ketahun.

Motor secara hitungan kasar juga dapat menurunkan biaya trasportasi di bandingkan dengan angkutan umum apalagi dibandingkan mobil pribadi. Motor motor dengan cc kecil kisaran untuk bensin 1 Liter seharga Rp. 4500 bisa menempuh 50 KM. jadi untuk seorang karyawan yang rumahnya berjarak 25KM hanya memerlukan ongkos sebesar Rp. 4500 saja untuk pergi dan pulang kantor. Adapun biaya perawatan biasanya rutin dilakukan hanya sekali dalam sebulan dan dengan biaya yang servis yang tidak terlalu besar.

Sebegitu menarikah memiliki motor ?

Yang kadang terlupa bagi pemilik motor adalah faktor keselamat berkendara. Hampir setiap hari sebanyak sekitar 21 orang meningal dalam kasus kecelakaan sepeda motor. Tentu ini sangat miris sekali bukan ?

Semua bisa jadi korban dalam kasus kecelakaan ini tidak memandang siapa kita. Jadi gunakan selalu alat keselamatan yang baik dan benar. Jika naik mobil tubuh kita dilindungi oleh besi tapi jika kita naik motor besi yang kita lindungi oleh badan kita.

dan jangan lupa yang patuhi rambu lalu lintas bro !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s